Fahrizal Family: ISTILAH DALAM IMPORT BARANG
~ SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA ~ Ketahuilah, apapun yang menjadikanmu tergetar, itulah Yang Terbaik untukmu ! Dan karena itulah, Qalbu seorang pecinta-Nya lebih besar daripada Singgasana-Nya. - Jalaludin Rumi

ISTILAH DALAM IMPORT BARANG

Dalam hal import barang dari luar kita dihadapkan oleh bnyk istilah dan document2, bisa tolong jelaskan apa itu FOB, FOT,CIF, Masterlist?

• FOB - free on board : penjual menangung biaya pengangkutan sampai di pelabuhan pengirim (ongkos kirim/freight dr pelabuhan pengirim s/d pelabuhan tujuan menjadi tanggungan pembeli). F.O.B = Free On Board (Harga sampai pelabuhan)

• FOT - kurang tau.. blm perna dgr istilah ini.. mgkn Free on Truck kali yah..

• masterlist - biasa dokumen ini utk brg bulk/tanker, berisi data barang yg diangkut oleh kapal.




• C.N.F = Cost & Freight (Biaya sampai tujuan tanpa asuransi)

• EXWORK : Dalam Incoterm ini penjual ( exportir ) hanya berjanggung jawab atas barang selama barang itu berada di Pabrik/Gudang mereka, sedangkan pembeli (importir) bertanggung jawab atas barang itu mulai dari Biaya pick-up barang di pabrik/gudang exportir sampai dengan Biaya trucking ke Pabrik/Gudang dia sendiri.

• FCA/Free Carrier : Dalam Incoterm ini penjual (exportir) bertanggung jawab atas barang sampai dengan barang itu diserahkan kepada orang/perusahaan yang ditunjuk oleh si Pembeli ( importir), Sedangkan Pembeli (Importir) bertanggung jawab atas barang itu mulai dari biaya Handling Customs di Port of Loading sampai dengan biaya trucking ke Pabrik/Gudangnya.

• FAS/Free Alongside Ship : Dalam Incoterm ini Penjual (exportir) bertanggung jawab atas barang sampai dengan Biaya handling Customs di port of loading dan biaya yang mungkin akan timbul saat barang itu dibawa ke Dermaga Port of Loading, Sedangkan Pembeli (importir) bertanggung jawab atas barang itu mulai dari Biaya Freight sampai dengan Biaya trucking ke Pabrik/Gudangnya.

• FOB/Free On Board : Dalam Incoterm ini Penjual (exportir) bertanggung jawab atas barang sampai dengan Biaya Handling Customs port of loading namun tidak bertanggung jawab atas biaya-biaya yang mungkin muncul saat barang itu dibawa ke atas kapal. Sedangkan Pembeli (importir) bertanggung jawab atas barang itu mulai dari biaya asuransi pengapalan samapi dengan biaya trucking ke Pabrik/Gudangnya.

• CFR/Cost and Freight : Dalam Incoterm ini penjual (exportir) bertanggung jawab atas semua biaya mulai dari Biaya Pick-up di Pabrik/Gudangnya sampai dengan Pabrik/Gudangnya Pembeli (importir) tidak termasuk biaya Unloading,asuransi dan Pajak Bea Masuk Import.

• CIF/Cost Insurance Freight : Dalam Incoterm ini Penjual (exportir) bertanggung jawab atas barang mulai dari Biaya Pick up di Pabrik/Gudangnya sampai dengan Biaya Freight + Asuransi. Sedangkan Pembeli (importir) bertanggung jawab atas biaya Handling Customs di port destination sampai dengan Biaya Trucking ke Pabrik/Gudangnya.

• CPT/Carrier Paid To. : Incoterm ini biasanya digunakan untuk perdagangan yang dalam proses pengantarannya mengunakan moda Kereta Api, Mobil dan Waterway. Penjual (exportir) bertanggung jawab atas biaya Transportasi di Loading , biaya freight , biaya handling customs di Loading. sedangkan Pembeli (importir) bertanggung jawab atas semua biaya Asuransi dan biaya handling customs di destination.

• CIP : Dalam Incoterm ini Penjual (exportir) bertanggung jawab atas biaya Trucking di Pabriknya/Gudangnya,Biaya handling customs di port of Loading, Biaya Freight dan Biaya asuransi freight. Sedangkan Pembeli bertanggung jawab atas biaya Asuransi pengangkutan dari Pabrik/Gudang penjual ke Port of loading dan Biaya Handling Customs di Port of Destination.

• DAF/Deliver at Frontier : Incoterm ini biasanya digunakan untuk perdagangan antar negara dimana antara negara Penjual (exportir) dan negara Pembeli (importir) hanya berbatas daratan (tetangga). Tanggung jawab Penjual meliputi biaya yang timbul sampai dengan barang itu dikirim ke perbatasan negaranya dengan negara pembeli. Sedangkan Tanggung Jawab pembeli (importir ) meliputi biaya handling Customs, pajak export dan import, Biaya trasportasi ke Pabrik/Gudangnya.

• DES/Deliver Ex-ship : Penjual bertanggung jawab atas semua biaya yang mucul sampai dengan barang itu dibawa ke dermaga yang disepakati atau sampai dengan barang dagangan itu menyebrangi petugas bea cukai perbatasan. Sedangkan Pembeli bertanggung jawab atas biaya yang muncul di Port Of Destination.

• DEQ/Deliver Ex-quay : Penjual bertanggung jawab atas semua biaya yang mucul sampai dengan barang itu berada dititik tempat pemeriksaan petugas bea cukai.

• DDU/Delivery Duty Unpaid : Penjual bertanggung jawab atas semua biaya yang muncul (termasuk Pajak Bea Masuk Import ) sampai dengan barang itu terkirim diPabrik/Gudang pembeli.

• DDP/Delivery Duty Paid : Penjual bertanggung jawab atas semua biaya yang muncul ( tidak termasuk Pajak Bea Masuk Import ) sampai dengan barang itu sampai di Pabrik/Gudang pembeli.


Semoga Bermanfaat.

0 komentar:

ESQ Magazine Online

POSTING CONTENT

Blog Archive

Tutorial Blog, membuat blog, template blog, tutorial seo, bisnis online, bisnis internet

OOM Feeds

This page is part of the FahrizalFamily website Contents copyright © 2008 -- 2009; all rights reserved. This page last modified Apr 11 2009 TC.

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP